Rabu, 11 April 2012

Tugas Novel (Sungsang)


Assalamualaikum

          Dan kaki Siti kecil pun masih melangkah sempit. Hatinya tetap gundah, benci, marah, kecewa. Ya !! benar benar kacau. Tangan kanannya membawa rantang kecil berisi rendang, sayur asem, dan sambal. Tak pernah ia menduga niat baiknya akan dicampahkan begitu saja oleh Rama. Ingin rasanya ia lempar rantang itu ke wajah Rama atau setidaknya buang saja ke sungai itu.
“ehmm... berejolah,, kubuangke pulo gek rantang ini biar dak betanyo lagi.” Tapi tangan mungilnya seakan merekat di rantang itu. Ia menghela nafas dalam-dalam  saat memasuki rumah. Diletakkannyalah rantang itu di atas meja makan. Siti duduk sembari meneguk segelas air putih di genggamannya. Dan benar saja bapak langsung menghujamnya dengan berjuta, beribu, berpuluh pertanyaan yang jawabannya sama.
“Nah ngapo dibawa lagi rantangnyo?,” tanya bapak. Baru saja Siti ingin membuka bibirnya, tapi bapak bertanya lagi.
“Ado dak Rama di rumahnyo? Pak Kades jugo ado dak? Tapi ngapo lum kau enjukke rantangnyo ni? Jangan-jangan idak ke rumahnyo kau ni cek?”. Siti diam.  Dia meneguk lagi air putih itu sebanyak-banyaknya. Setiap bapak mengajukan pertanyaan, sebanyak itu pula ia meneguk air di tangannya. Dan akhirnya bapak berhenti bertanya ketika melihat Siti berlarian ke kamar kecil. Bapak mengambil topi hitamnya dan melangkah keluar menuju anak sungai Musi berair Payau. Duduklah bapak di atas perahunya dan mendayung entah kemana. Melamuni sesuatu yang bapak sendiri tidak tahu apa. Sampai akhirnya lamunan itu buyar oleh teriakan dua anak muda di tepi sungai.
“Pak.....Pak.....,” teriak mereka sambil melambaikan tangan. Bapak juga membalas dengan melambaikan tangan. Menepilah bapak. Kedua anak tersebut tersenyum kepada bapak.
“Pak kenalke namo aku Angga, ini kawan aku Fira, Bapak warga Sungsang kan?” kata salah seorang remaja dengan almamater kuning yang menutup hitam tubuhnya. Wajahnya terbilang manis. Pak Meidy menanggapi jabatan kedua tangan remaja tersebut.
“Kenalke jugo nak, namo aku Meidy, yo aku jugo tinggal di Sungsang.” Lalu mereka duduk di pinggir sungai sambil bercakap-cakap.
“Cak ini Pak, kami dari Universitas Sriwijaya jurusan Ilmu Kelautan. Kebetulan kami dapet tugas untuk meneliti tentang lingkungan samo sumber daya lingkungan di daerah Sungsang ini,” Fira mencoba menjelaskan sedikit maksud dan tujuan kedatangan mereka di Sungsang.
 Sesekali ia mengibas-ngibaskan sebuah buku di tangan kanannya. Yah... cuaca Sungsang di saat itu cukup membakar kulit, sedangkan tangan kirinya mendekap almamater yang mereka lepaskan akibat rasa gerah.
“Tapi Pak, kami ni masih bingung. Rencanonyo kami nak nginep di rumah Pak Kades. Kebetulan Pak Kades tu kawan lamo bapak aku. Masalahnyo ni kami dak tau dimano rumah Pak Kadesnyo, “ sekali lagi Angga menjelaskan.
“Nah mak mano kalu aku be yang nganter kamu ke sano, itung-itung nolong kamu yo dak. Entah be dapat nambah pahalo,” canda bapak sambil tersenyum.
“Dak apo yo Pak  kami ngerepoti Bapak ?, “ Fira merasa canggung.
“Lah dak apolah. Payo begeges gek kesoren pulo laju,” ajak Pak Meidy.
Mereka bertiga melangkah menuju perahu tua yang diikat di pinggir sungai. Pak Meidy mendayung perahu itu dengan santai sembari bercakap-cakap bersama  Angga dan Fira.
“Pak kalo kami boleh tau dimano arah nak ke tempat mangrove tu ??,” Fira bertanya sambil menyelup-nyelupkan tangannya ke air.
Angga pun menambahkan
“Soalnyo Pak besok kami berencano nak langsung ke TKP untuk ngecek mangrovenyo tu.
“Gek dulu mangrove tu apo dio ??, “ Pak Meidy binggung.”
“Mangrove tu tumbuhan bakau Pak,” jawab Angga dan Fira serempak.
“oh...bakau,, kalu itu baru bapak tau. Tapi yang jadi masalahnyo ni apo yang nak kamu telitike sekarang. Bakau-bakau yang uji kamu ni lah rusak galo. Abis ditebangi oleh Rama.”
“Abis Pak??,” tanya Angga terkejut.
“Masih ado si tapi dikit nian. Lah rusak galo pulok. Idak banyak lagi cak dulu.”
“Emangnyo Rama tu siapo Pak ??, “ tanya Fira penasaran.
“Rama tu anak semato wayang Pak Kades. Dio tu dikasih Bapaknyo sebagian kekuasaan untuk bantu bangun kampung ini. Sayangnyo dio ni malah nyalahgunoke kekuasaannyo. Rama nebangi bakau-bakau itu untuk bangun yang dak jelas apo dio. Ujinyo bakau-bakau tu nganggu lingkungan bae. Kalo katek bakau kan *agas di kampung kito pacak ilang ujinyo. Padahal aku bae tau kalo bakau-bakau itu banyak gunonyo. Kan kalo katek bakau lagi pacak bahayo kampung kito.
 “Betol itu Pak, hebat nian Bapak ni pacak tau banyak tentang bakau. Pasti Bapak ni juara kelas terus yo dulunyo ??, “ Angga mencoba mencoba memecah suasana ini agar sedikit lebih santai.
“Ay pacak nian kamu ni. Bapak ni SD bae dak tamat. Untung pacak maco samo ngitung dikit-dikitlah. Anak gadis bapak yang ngenjuk tau bapak ni. Ujinyo dio dikasih tau gurunyo.”
“Anak Bapak ado yang masih sekolah yo ??”
“Masih sekolah galo malah, yang pertamo SMA kelas 3, yang kecik tu masih SD kelas 4.”
“Betino apo lanang Pak ??”
“Betino galo anak bapak ni”
“Cie...cie Angga nanyo-nanyo terus,, ado maksud itu pasti,” ejek Fira lalu diiringi oleh suara tawa mereka. Hahahahaha..... percakapan hangat itu membuat waktu lima belas menit seakaan cepat berlalu.
“Nah alhamdulillah nyampe pulo kito sekarang.” Bapak segera mengajak mereka turun dari perahu dan berjalan menuju rumah Pak Kades.
          Tetapi sesampainnya disana, pahit yang mereka dapatkan. Pak Kades yang akan ditemui ternyata berada di Palembang untuk menjalani urusan penting selama beberapa minggu.
“Assalamu’alaikum..,”
 Pak Meidy mengetuk pintu rumah Pak Kades. Namun tak ada jawaban yang  keluar  dari rumah besar itu. Rumah yang paling mewah di desa itu. Karena tak sabar, Fira mengetuk pintu itu lebih kuat lagi.
“Assalamu’alaikum... Assalamu’alaikum...  Pak.... Assalamu’alaikum,” sekali ini suara lantang dari dalam rumah menghambur keluar.
“Ado apo ??,” sesosok pemuda bertubuh gelap dan tegap membuka pintu. Ia sama sekali tidak menjawab salam. Ia terlihat kesal dan terganggu atas kedatangan Pak Meidy dan kedua mahasiswa itu.
 “Pak Dimas nyo ado ??,” tanya Pak Meidy pelan. Pemuda itu menjawab singkat dan menyentak
“katek”
“Memangnyo kemano Pak Dimas nyo ??,” sekali ini Angga yang mengajukan pertanyaan. Dan sekali lagi pula pemuda itu menjawab singkat dan menyentak
“Plembang.”
Baru saja Fira ingin menjelaskan sesuatu kepada pemuda ganas itu, pemuda itu memotong kata-katanya.
“Ngapo memangnyo?? Ado urusan apo ?? Trus ngapo Bapak ni ngajak budak duo ikok ini??
Siapo pulok mereka ni ??,” ucap pemuda itu dengan kesal. Matanya menatap tajam ke Pak Meidy, Angga, dan Fira. Ia bagaikan elang yang siap yang memangsa tikus.
“Ini.....ehmmm...anuh...,” Pak Meidy gugup. Cak ini, kami ni mahasiswa Universitas Sriwijaya yang kebetulan dapet tugas untuk meneliti ekosistem mangrove di sini yang biasonyo kamu sebut bakau itu.
*agas adalah nyamuk kecil yang hidup di daerah tumbuhnya mangrove

Kebetulan jugo Pak Kades tu kawan deket bapak aku. Rencanonyo ni kami nak numpamg nginep di sini untuk seminggu ke depan. Dan Pak Meidy ni yang lah baek nak nganter kami ke sini. Oh yo, kenalke namo aku Angga, kalo yang cantik ini kawan aku Fira namonyo,” Angga menjelaskan dengan tenang dan sedikit santai.
“Nginep ?? kamu kiro rumah aku ni penginepan apo ha ?? Lagi pulok percuma lah kamu nak neliti-neliti tu, bakau nyo lah ku tebangi galo,” bentak pemuda itu dengan kencang. Lalu diselingi dengan tawanya.
“Oh .... jadi kau yang namonyo Rama tu ?? Kau ruponyo yang nebangi mangrove-mangrove tu,” Fira mulai garang.
“Yo!! Aku Rama. Ramadhan Purna Putra anak kades di Sungsang ini. Wong yang nebangi mangkerop mangkerop yang kamu omongi tu. Jadi sekarang kamu pegilah!! Dak katek yang nak kamu teliti lagi!!”
Pak Meidy memberi pertanda untuk segera meninggalkan rumah itu agar tidak terjadi keributan. Tetapi Fira memilih untuk melayani setiap kata Rama. Mereka sama-sama tak mau mengalah. Akhirnya bujukan Angga mampu mengajak  Fira untuk segera menjauh. Mereka meninggalkan rumah Rama dengan hati kecewa dan marah. Perlakuan yang sangat buruk terhadap tamu untuk seorang anak pejabat desa. Dari jauh Rama berteriak
“ Hey !! Cewek !! sikok lagi!! Sebenarnyo kau tu idak cantik,”. Ia tertawa. Mendengar itu Fira membalikan tubuhnya dan menanggapinya
“Hey,, boy sikok lagi jugo yang nak ku koreksi,, magrove bukan mangkerop!!!!!!!”. Fira begitu terpancing emosi. Namun lagi-lagi Angga dan pak Meidy menenangkan.
          Mereka berjalan menjauhi Rama. Semakin jauh dan jauh.
“Terus kito nak nginep dimano ?” Fira yang cukup tenang sekarang bertanya kepada Angga. Angga mengangkat bahunya pertanda bahwa ia tidak tahu.
“Ngapo dak di tempat Bapak bae ?? Rumah bapak memang kecik tapi ado lah kamar untuk Fira nyo,, kalu Angga kan biso tedok di ruang depan be samo bapak. Cak mano??, Pak Meidy menawarkan jasanya.
“Tapi Pak kami ni lah nemen nian ngerepoti Bapak tu ??,”Angga malu-malu. Padahal dia berharap ada tumpangan. Fira menyenggol Angga sebagai isyarat agar tidak menolak. Pak Meidy tersenyum melihat tingkah mereka.
“Yo jelas dak ngerepotkenlah. Bapak ni seneng kalo biso bantu kamu. Kan kamu jugo punyo niat baek”. Fira menjawab terburu-buru sebelum Angga pura-pura menolak lagi. Ia takut jikalau sekali ini Pak Meidy malah berubah pikiran.
“Ya Pak mau-mau.” Mereka pun menuju rumah Pak Meidy dengan segera.









Isyarat Alam


Sang surya sudah sepenggala tingginya saat mereka sampai ke rumah Pak Meidy. Rumah yang sangat sederhana, tapi sejuk dan nyaman untuk dihuni. Pagar bambu yang berjajar rapi membatasi isi rum    ah dari ancaman luar. Rumput-rumput yang oranye karena terpaan sinar petang matahari segera menyambut langkah mereka.
“Assalamu”alaikum ,” Pak Meidy mengucapkan salam. Ia masuk rumah dengan sedikit kelelahan. Ditaruhnya topi yang ia pakai di atas meja. Sementara Angga dan Fira masih di luar. Mata mereka melirik kesana kesitu melihat indahnya panorama desa yang belum mereka sadari sedari tadi.
“Waalaikumsalam.” Suara lembut dari dalam rumah menyapu telinga mereka. Anak kecil yang manis berdiri di pintu dapur membawakan segelas teh hangat untuk sang ayah. Itu anak Pak Meidy yang kecil. Yang masih duduk di bangku kelas 4 SD.
“Ngapo kamu malah di luar ni,, masok masok.,.” ajak Pak Meidy. Angga dan Fira mengangguk. Mereka melepaskan ransel dari punggung mereka yang berisi pakaian dan persiapan untuk meneliti magrove seminggu ke depan.
“Ria,, mano teh untuk tamu kito ni??” Ria berlari menuju dapur sambil berteriak
“Cek Cek uji Bapak buat lagi teh untuk tamu kito.” Bapak, Angga, dan Fira tertawa melihat tingkah Ria.
“Bapak sudah berapa lama tinggal disini ??” tanya Fira.
“Kalu Bapak ini Nak, lah dari lahir tinggal di sini.”
“ Jadi lah lamo nian yo Pak, Bapak tinggal di Sungsang ni ??,”Angga menagggapi.
Bapak mengangguk sambil menghidupkan lampu minyak yang tertempel di dinding sebab hari mulai kelam.
“Ini teh nyo,, diminum yo!!” suara yang tak kalah lembutnya membuat kepala Angga menoleh 90 kearah datangnya suara. Seorang gadis hitam manis sedang menyediakan teh untuk kami. Ia ramah sekali dan murah senyum. Berbeda dengan adiknya yang sangat pemalu. Dialah Cek atau Siti Maryam. Anak pertama Pak Meidy yang diceritakannya di atas perahu tadi.
“Terimo kaseh,” Fira dan Angga membalas senyum nya.
“Nah ini dio anak bapak yang pertamo tu. Kalu yang tadi tu adeknyo. Dio ni anaknyo pinter, juara terus di sekolahnyo. Laen dengan adeknyo, nak maen bae gawe adeknyo tu.”
“Ah Bapak neh,” kata Siti malu-malu. Ia lalu duduk di samping bapaknya. Sementara adiknya cemberut mendengar candaan bapak.
“Kalu mak itu samo cak aku ye Pak,, juara terus..,” Fira ikut bicara sambil meminum teh yang telah disugukan.
“Hu... dak galak kalah,” Angga meledek. Mereka tertawa. Lalu sebuah pertanyaan Angga merubah suasana riang menjadi sunyi. Ditambah cahaya matahari yang semakin redup.
“Ngomong-ngomong Ibu dimano Pak??,” Angga lagi-lagi mengajukan pertanyaan. Sayangnya pertanyaan tersebut memiliki jawaban yang tidak menggembirakan.
“Ibu?? Bini bapak yo maksudnyo,” Bapak bertanya balik. Angga hanya mengangguk karena segelas teh menyumbat bibir nya. Bapak menghela nafas dalam. Suara oksigen yang bapak hirup sampai terdengar pelan di telinga.
“Ibu nyo Cek samo Ria ni lah lamo ninggal. Waktu Ria ni umur 3 taon. Cek masih SD. Kurng lebih sudah 6 taon lah,”Cek dan Ria hanya menunduk. Fira mempehatikan dengan rasa tidak enak. Angga pun sebenarnya menyesali telah mengajukan pertanyaan itu.
“Kato wong sini sih keno angin duduk,” tambah Bapak. Lalu bapak meneguk air teh yang masih hangat untuk menenangkan hatinya. Fira menghampiri Cek dan Ria sambil mengusap-usapkan tangannya ke punggung mereka, pertanda memberi semangat dan ketabahan atas kejadian yang diungkit kembali oleh sebuah pertanyaan. Pertanyaan yang seharusnya tidak diajukan. Pertanyaan yang membawa ke masa lalu yang menyakitkan. Suasana hening sejenak. Tak ada yang berkata. Sampai akhirnya azan magrib menembus dinding kayu rumah mereka.
“Ayo kito sholat magreb dulu,” ajak bapak. Semua mengikuti. Lalu setelah itu mereka makan malam bersama. Rendang, sayur asem serta sambal yang batal diberikan kepada Rama akhirnya mereka santap bersama. Angga dan Fira yang memang telah lapar sejak tadi makan dengan lahapnya. Seusai makan Cek dan Ria membereskan makan malam. Fira pun ikut membantu sementara bapak mengobrol  bersama Angga di ruang depan. Bapak bertanya-tanya tentang jurusan yang mereka ambil, yaitu ilmu kelautan. Angga menerangkan dengan senang hati.
“Ilmu kelautan itu Pak adalah ilmu yang mempelajari atau membahas segala sesuatu menyangkut laut dan perairan, mulai dari daerah-daerahnyo, makhluk hidup yang tinggal di dalam dan sekitarnyo sampe ke fenomena-fenomenanyo. Galo-galo dibahaslah Pak pokoknyo tu. Cak mano caro nyo jugo kito tu dapat memanfaatkan, mengelola, dan melestarikan hasil laut samo perairan kito ni Pak. Kan Indonesia ni negara kepulauan, jelas banyak daerah laut dan perairannyo. Mangkonyo kito tu harus pinter-pinter manfaatke samo ngejagonyo Pak biar kito biso hidup sejahterah,” terang Angga dengan panjang lebar. Bapak mendengarkan serius sambil mengangguk-anggukkan kepalanya. Padahal bapak sendiri tidak terlalu paham maksudnya.
“Jadi bakau yang nak kamu teliti tu jugo temasok ilmu kelautan yo ??,” bapak bingung.
“Iyo Pak. Itu jugo termasuk flora yang harus kito jago dan lindungi kareno banyak nian manfaatnyo. Pertamo bakau itu biso nahan gelombang laut yang datang, biar dak abrasi, bakau itu jugo tempat hidupnyo binatang-binatang laen cak udang, iwak, atau kepiting yang biaso bapak tangkep itu. Kan manfaatnyo besak, jadi sayang kalu di rusak, kito tulah Pak yang bakal rugi.” Fira dan cek ikut berbincang di ruang tamu.
“Flora itu tumbuhan Pak, ujar Cek yang ternyata sejak tadi telah menguping pembicaraan bapak dan Angga.
“Bapak ni tau jugo cek,” bapak mengelak. Fira melirik Ria yang kelihatannya merasa sulit dalam mengerjakan PR sekolahnya. Ia mengajari Ria dengan semangatnya. Ria pun sudah tidak canggung lagi dekat-dekat Angga dan Fira. Sampai akhirnya malam kian larut dan mereka memutuskan untuk segera memejamkan mata. Perjalanan tadi siang memang melelahkan. Dan tidur lah jawaban yang paling tepat. Angga dan Fira berharap esok akan lebih baik karena esok ialah perdananya mereka untuk mulai meneliti.
          Semua terlelap di bawah mimpi masing-masing. Angga dan Pak Meidy tidur berdampingan di ruang depan. Sedangkan Fira, Cek, dan Ria tidur *bersusun dencis di kamar kecil Cek.
Untuk dua orang saja kamar ini sudah sempit. Apalagi ditambah dengan Fira. Cukuplah sudah... Namun, semuanya tetap menikmati waktu malam mereka. Menikmati bunyi-bunyi binatang malam hari. Sunyi senyap desa Sungsang di waktu malam. Tidak seperti di perkotaan, yang tidak pernah tidur. Tidak mengenal waktu istirahat. Inilah pedesaan. Tempat yang paling tepat untuk menenangkan pikiran, meregangkan otot-otot, membuang rasa penat dan lelah, tempat istirahat untuk tidur malam sampai akhirnya kokok ayam dan suara nyanyi burung-burung yang merdu menyambut kita di pagi
*bersusun rapi memanjang



hari hingga sinar mentari pagi menyapu embun yang menyelimuti dedaunan berklorofil. Fira dan Angga bangun pagi-pagi sekali. Setelah sholat subuh mereka menyiapkan sedikit bambu sebagai penunjang untuk  menanam mangrove dan beberapa peralatan lain yang digunakan dalam observasi. Cek membantu sebisa mungkin, sebelum ia dan Ria berangkat ke sekolah. Tepat pukul 07.00 WIB mereka berangkat berangat meninggalkan rumah. Cek dan Ria langsung menuju tempat mereka menimba ilmu. Fira dan Angga menuju daerah tumbuhnya mangrove diantar oleh Pak Meidy yang telah siap dengan keranjang yang ia pikul. Keranjang itu berisi celurit dan kail. Pak Meidy memang gemar memancing, hitung-hitung untuk mengisi waktu luang setelah pekerjaan di sawah selesai. Lumayan jika dapat ikan untuk lauk makan nanti pikirnya. Setelah mengantar Fira dan Angga, Pak Meidy menuju sawahnya yang memang jauh dari daerah tumbuhnya mangrove.  Fira dan Angga memulai tugas mereka. Setelah mereka melakukan pengecekan dan pengukuran, barulah mereka menanami bibit-bibit mangrove yang ada. Semangat yang begitu membara untuk remaja seperti mereka. Semangat memperbaiki dan menjaga lingkungan hidup. Mereka berkeyakinan suatu saat tunas-tunas mangrove ini dapat tumbuh menjadi mangrrove-mangrove dewasa yang akan berdiri tegak memberikan sejuta manfaatnya. Satu.. dua... tiga... tunas yang baru ditanam tiba-tiba dari kejauhan terdengar suara kasar yang sebenarnya tidak asing lagi, namun karena sayup-sayup suara tersebut, Angga dan Fira sempat mencari-cari asal suara itu. Sampai pandangan mereka terhenti jauh ke depan. Ke tempat berdirinya seorang pria hitam yang mereka lihat sore kemarin dan dua pria lagi yang bertubuh tegap yang sama sekali belum pernah mereka temui.
Semakain lama semakin mendekat ketiga pria itu, kini jelaslah sudah siapa pria asing asing tersebut. Rama dan dua orang temannya.
“Woi!!!,” bentak Rama dari kejauhan sampai akhirnya ia mendekat.
“Ngapoi kamu disini ha ??”
Angga dan Fira tidak menjawab. Fira menatap tajam mata Rama, seperti ada dendam tertulis di bola mata mereka.
“Apo dio gawe kamu ni?? Aku kan lah ngomong kemaren tu pegilah dari Sungsang ni. Kamu lah jingok dewek kan katek lagi yang nak kamu teliti tu,” Rama berkata dengan kedua tangannya di letakkan di pinggang.
“Mungkin memang benar kalo dak katek lagi yang nak di teliti. Memang lah sudah hancur mangrove-mangrove ini. Tapi masih ado harapan untuk memperbaikinyo,” dengan lantangnya Fira berkata.
“Oh jadi kamu nak jadi pahlawan cak di tv-tv itu e ?? Yang cak kebaekan itu ??”
“Bukan cak itu maksud kami ni Rama. Tapi kami nak ngajak kau samo warga disini untuk memperbaiki lingkungan kamu khususnyo mangrove ini. Biar kito rubah pola pikir kamu yang nganggep mangrove-mangrove ini ni penganggu,” Angga ikut menjabarkan dan menenangkan.
“Ay katek katek. Bukan urusan aku itu tu. Tempat ini pacak kito bangun lagi dengan yang lain yang jao lebih bemanfaat dari mangkerop-mangkerop tu,” lagi-lagi Rama salah menyebutkan istilah mangrove itu.
“Bukan mangkerop tapi mangrove,”
Fira mulai kesal.
“Terserah apo uji kamu, yang penting sekarang jangan lagi ganggu urusan aku. Belarilah!!”
Rasanya fira ingin membalas kata-kata kasar Rama itu dengan lebih ilmiah. Tapi, Angga yang terlalu sabar itu membujuk Fira untuk menjauhi masalah dulu. Anggap saja mengalah sejenak sebelum meraih kemenangan. Sebenarnya Rama juga tidak terlalu berani untuk mengusir Mereka dari Sungsang ini. Sebab, jika Angga menceritakan hal ini kepada ayahnya dan sampai ke telinga Pak Dimas, Kepala Desa Sungsang sekaligus ayahanda Rama maka semuanya akan terbongkar. Pak Dimas yang semula tidak tahu tentang apa yang terjadi, bahwa mangrove-mangrove itu ternyata banyak manfaatnya, maka akan  marah besar. Dan proyek yang diinginkan Rama akan gagal sepenuhnya.
Fira dan Angga meninggalkan Rama dengan hati membara. Mereka berharap Rama akan segera sadar dengan semua sikap bodohnya selama ini. Tetapi Rama masih berdiri bersama dua orang temannnya. Mereka menunjuk-nunjuk ke segala penjuru daerah tumbuhnya mangrove. Seakaan ada rencana lain.
“Fira, caknyo kito ni lah terlalu jao melangkah. Terlalu jao melok campur urusan kampung ini ni,” Angga berkata pelan sedikit berbisik. Fira yang dengan jelas mendengar gumaman itu menoleh cepat dan membantahnya.
“Jauh ?? maksud kao??””
“Yo kito ni kan cuma wong luar yang idak tau apo-apo. Kalu bae ternyata mereka bakal bangun sesuatu yang lebih bermanfaat lagi”
“Idak tau apo-apo ?? kau peker aku idak tau apo-apo ?? mungkin aku dak tau apo yang Rama pikirke tapi yang jelas aku tau kalu ngerusak ekosistem mangrove tu ialah hal yang buyan. Merusak sesuatu yang sangat bermanfaat untuk kito. Teros apo yang lebih bermanfaat dari mangrove yang biso dibangun di daerah lumpur cak itu ha ?? Aku dak nyangko samo kau Angga, secepat itu kau berubah pikran”
“Bukan cak itu Fira, maksud aku ni cak mano kalu kito cari daerah laen be. Kan banyak jugo daerah yang ditumbuhi mangrove selain Sungsang ni. Biar kito jao dari masalah”
“Tempat laen?? Ngapo kau takut?? Takut samo Rama?? Takut menentang kebijakannya yang salah?? Beraarti kau pengecut!! Kau tau, yang paleng buruk dari sebuah masalah tu adalah waktu kito menghindarinyo. Apo kau peker dengan kao pegi gek masaahnyo sudah. Selesai cak itu. Masalahnyo tu akan kejingokan dalam jangka panjang. Waktu generasi-generasi laennyo. Seharusnyo kito tetep disini. Ngubah pola pikir mereka. Ngajak mereka memperbaikinyo untuk masa depan agek. Kalu kau takut, kalu kau gentar, kalu kau pengecut, lajulah kau cari tempat lain. Aku idak bakal berubah pikiran. Aku idak bakal mundur satu langkah bae.  Aku tetep disini,” ujar Fira dengan mempercepat langkahnya.
“Tapi... Fir,” Angga menyanggal pelan dari belakang. Fira membalikkan tubuhnya dan menatap Angga. Mata coklatnya seakaan berkata apa.
“Aku pecayo ini pasti cepet membaik. Aku pecayo kito bakal  berhasil memperbaikinyo. Aku tau dan aku ngerti. Inilah isyarat alam yang buat aku yakin bahwa kito menang”, kali ini Fira memperlambat langkah kaki nya. Menunggu Angga untuk berjalan bersama.
“Kau memang keras kepala, Fir. tapi kareno itulah aku ngeraso semangat untuk beusaha melestarikan mangrove-mangrove itu”
Mereka tersenyum kecil dengan baju berlumpur dan rasa lelah yang belum ada hasilnya. Tapi keyakinan merekalah yang membuat mereka jauh merasa tangguh. Benar kata banyak pepatah tidak akan ada keberhasilan tanpa cucuran keringat dan air mata.
Rumah asri Pak Meidy telah menunggu sejak tadi,  menyambut dua orang yang kelelahan. Mereka menuju ke tempat tidur masing-masing. Ehmmm.. sore hari yang tenang. Cukup untuk melupakan kejadian tadi siang yang menjengkelkan  hati. Mereka dan semua orang sama saja pastinya. Mengharapkan sesuatu yang lebih baik di hari esok. Berharap semua do’a akan di dengar Yang Maha Kuasa. Berharap cita-cita akan segera menjadi nyata. Berharap hari esok akan cepat datang untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka di waktu malam. Dan inilah jawabannya, tidur. Karena semakin cepat kita tidur, semakin cepat pula kita bertemu hari esok.






Kabut Pagi

Pagi hari terdengar kicau burung masuk ke lubang telinga Siti, menggetarkan gendang telinganya, seakan mengajaknya untuk membuka mata dari nyenyaknya tidur semalam. Dia intip sedikit demi sedikit terpancar silaunya cahaya matahari yg masuk ke retinanya, cerah kuning muda benderang yg menembus jendela kamarnya dan menyinari dindingnya. Cek beranjak dari tempat tidur, duduk sebentar sambil menguap dan meregangkan otot tangan tanda menikmati suasana pagi.
         Kicau burung ditambah kokokan ayam seolah-olah mengajaknya ke halaman rumah untuk melihat suasana sunyi pagi hari, tanpa debu tanpa polusi. Dia pun melihat titik terdekat pandangannya yaitu depan matanya. Dia pandangi setetes embun yg menempel didaun yang hijau segar, makin dekat ia hampiri tercium wangi daunnya yg lembab dan bau tanah basah yang habis diguyuri air hujan. Rasanya nyaman dan damai ketika ia hirup udaranya dari lubang hidungnya hingga masuk ke paru-paru Siti, rasanya sungguh segar. Lalu Siti meraba basahnya embun dijendela dan ia goyangkan telunjuk tangannya dan ia tuliskan kata yg mewakili perasaannya dan ingin bibirnya ucap, tulisan itu "Selamat Pagi"
Cek tersentak dari lamunannya ketika seseorang menepuk pundaknya, “kplok” suaranya.
“Astagfillahhalazim”, ucapnya.. Cek terkejut sambil menoleh ke belakang ternyata salah satu mahasiswa universitas sriwijaya itu.
Sambil tersenyum ia berkata,
“maaf tadi cuman iseng be,” ucap Angga. Cek menjawab..”Dak papo biaso bae tapi untungnyo aku dak jantungan, kalo aku jantungan biso-biso masuk rumah sakit, kamu pulok yang repot, “ sambil ia tersenyum.
“Suasana pagi di sungsang ni sejuk nian yo, belum keno polusi. suaro burung bersahut-sahutan semilir angin sepoi-sepoi nambah kesejukan suasana pagi, cubo mak ini suasana di Layo pasti nyaman, tapi nyataannyo idak, di Layo panas nian. Kalo sejuk mak ini betah aku terus disini. Apolagi warga disini baek-baek dan jugo ramah”.
“Emh..ga, Cek nak masak dulu yo untuk kito sarapan”. Ujar Cek.
“oke aku bantui kau masak yo”! pinta angga.
“Jangan ga madai cowok masak lemak lah kau nimbo banyu di  sumur, kalo dak galak sih dak papo biso mandi di sungai bae”. Angga menjawab,
 “dak apo aku galak lagian belum ado gawe jugo”. Lalu Mereka melangkahkan kaki menuju dapur sembari bercakap-cakap di iringi dengan tawa-tawa kecil. Sampai di dapur Siti langsung mempersiapkan alat untuk memasak sedangkan Angga menimba air. Angga kemudian bertanya untuk membuka percakapan diantara mereka.
 “Cek, kau ni calon bininyo Rama yo.” Tanya Angga.
“Hah…apo? Ucap Siti pura-pura tidak mendengar. Kemudian Angga mengulangi pertanyaannya.
“Cek nak kawen samo Rama yo?”  Siti tersenyum dan  menjawab pertanyaan Angga.
“Mak ini ceritonyo, almarhum ibu aku  tu dulunyo deket samo Ibu nyo Rama, sohib lah kato wong sekarang ni. Terus kami beduo dijodohi, sebelum ibu aku meninggal dio beamanat supayo aku kawen samo Rama. Tapi sebenernyo aku tu dak galak samo Rama kalo kato smash tu dak cenat-cenut..he,,he,, sambil Cek tersenyum. Caknyo Rama jugo dak galak samo aku tapi kami nuruti apo kato wong tuo. Lagian aku dak pengen buat ibu aku kecewa, aku galak jingok ibu aku seneng kalo aku kawen samo Rama.”
“O…tapi menurut aku pasti ibu kamu dulu jodohi  kamu biar kamu bahagia tapi kalo kamu dak seneng lemak lah jangan be, kalo kamu dak bahagia pasti ibu kamu jugo dak bahagia,”Angga menanggapi cerita Siti. “iyo jugo apo uji kau tapi aku jalani be biarlah waktu yang ngejawabnyo,”ucap Cek. Ketika mereka sedang asik bercerita tiba-tiba Fira datang. Ia baru bangun. “hah..kamu lah bangun yo?” maafke aku bangun telat yo maklum lesu nian olehnyo kito  pegi ke daerah mangrove dari nanem dan jugo ngebenerinyo kemaren.”ucap Fira. Cek menjawab,
 “yo dak papo aku ngerti kok, pasti kamu dak biaso kan begawe mak itu, paling kamu tu 3K. Sekarang pegi lah beraup dulu biar segeran dikit, Dah tu kito sarapan samo-samo.” “Gek dulu 3K tu apo dio?” “Kampus, Kantin, samo Kosan” ucap Siti sambil tersenyum kecil.
Fira pun beranjak ke kamar mandi untuk cuci muka, dan Angga  telah selesai menimba air.  Makanan untuk sarapan pun sudah telah dihidangkan dan mereka sarapan bersama-sama. Setelah sarapan Pak Meidy pergi entah kemana.
“Siti, bapak pegi dulu yo?” Pak Meidy berpamitan dengan anaknya ketika Ia hendak pergi.
“pegi kemano pak?” Tanya Cek.
“ idak nak maen-maen be nak cari angin seger.” Ucap Pak Meidy.
“yo dah ati-ati Pak yo.” Pak Meidy pun berlalu. Setelah pak meidy pergi Siti dan Fira bercakap-cakap untuk menambah keakraban diantara mereka.
“Cek, Rama tu memang mak itu yo wong yo? kemaren waktu kito betemu dio di daerah mangrove cak sengak nian katik ramah-ramahnyo dikit be,” Fira bertanya. “dio tu memang mak itu wong nyo nak menang dewek terus tu kasar terus merasa berkuasa olehnyo mangrove-mangrove tu nak di tebangi nyo galo tapi warga sini katik yang berani nak ngomonginyo mungkin mereka tu segan olehnyo Rama tu anak Pak Kades,” jawab Siti.
“Alah ngapo segan samo dio, yang bekuasa kan bapaknyo ngapo dio yang cak rajo itu, cubo omongi Cek dio tu biar dio berubah ” ucap Fira.
“Sudah Fir malah cak nak bebuih-buih mulut ni ngomongi Rama tu, tapi dio dak denger, ibarat kato tu masuk kuping kanan keluar kuping kiri bae,”
“Mang nyo Pak Kades dak tau apo yang dio gaweke tu?”
“kurang tau jugo aku Fira, mungkin dak tau kalo tau pasti lah di omongi oleh Pak Kades.” Jawab Siti.
“Denger-denger kau di jodohi yo smo Rama, terus kau sayang dak smo dio?” “iyo kami di jodohi oleh ibu kami, kalo ngomongke sayang yo sayang, tapi kalo nak kawen samo dio entah dak tahu aku pening, kalo boleh milih aku dak galak.” “ngomong-ngomong Rama tu masih sekolah dak?” Fira kembali mengajukan pertanyaan.
“Idak lagi, dio dah lulus SMA duo tahun yang lalu Lalu. Tapi Rama tu memang nakal dari waktu dio masih sekolah. Anaknyo susah di atur, terus tu sering niah yang namonyo belago, untung be biso lulus.”
“Memangnyo dak ngelanjutke kuliah yo?” “Ay mano dio galak dak keotakan lagi katonyo nak belajar-belajar tu terus  kuliah tu kan akhir-akhirnyo nak cari duit katonyo, lemak langsung be cari duit dak ngabis-ngabis duit untuk biayanyo.” Jawab Siti.
Ditengah mereka sedang asik-asik berbincang-bincang. Angga datang dan berkata
“Ehm..ehm..cak nyo aku denger dari tadi ado yang betanyo tentang Rama terus ni, jangan-jangan ado Raso.” 
“Ha..ha… raso apo ga raso asem, pedes, manis, apo asin.” ucap Fira sambil tertawa. Entah karena Ia tidak mengerti ucapan Angga atau menyembunyikan sesuatu dalam hatinya yang tidak ingin ada orang yang mengetahuinya atau malah dia pun bingung belum tau apa itu.
“Yo raso sesuatu lah..kau ni cak dak ngerti bae. Na hati-hati kau Cek, gek di ambek pulok Rama tu oleh Fira.” Angga kembali menggoda Fira.
Tiba-tiba Fira beranjak dan hendak memukul Angga yang tak henti menggodanya, tapi dengan cepat Angga menghindar dan pukulan Fira pun meleset, Angga berlari, Fira pun mengejarnya, seperti kucing dan tikus. Siti hanya tersenyum-senyum melihat tingkah mereka. Hari ini hari minggu, Siti dan Ria tidak sekolah jadi mereka hanya menghabiskan waktu di rumah bersama kedua Mahasiswa Universitas Sriwijaya itu.

My Name is Mr. Meidy


Ada yang berbeda dari Pak Meidy pagi ini. Tak biasanya Pak Meidy tidak berpakaian rapi. Ia memang membawa keranjang di punggungnya, tetapi isi keranjang itu bukanlah celurit dan kail seperti biasa. Pak Meidy meletakkan beberapa bambu dan tali serta celurit yang lebih kecil ukurannya. Kakinya berjalan pelan namun pasti melusuri jalanan Sungsang yang becek. Maklum semalam hujan melanda desa ini. Inilah suasana pagi hari di Sungsang saat musim hujan datang. Semua orang tetap sibuk dengan aktivitas masing-masing. Mereka sudah tidak asing lagi dengan jalan yang berlumpur. Anak-anak yang bersekolah dengan menenteng sepatu mereka. Ibu-ibu yang siap membantu para suami mereka di sawah. Tidak ada yang mengeluh dengan keadaan, semua tersenyum. Semua tertawa. Semua gembira. Itulah ajaibnya !!
Setiap bertemu, mereka saling sapa. Menanyakan mau kemana atau hanya sekedar berkata “Assalamu”alaikum”
Pak Meidy berjalan menuju ke balai desa. Disana telah banyak orang yang berkumpul. Mereka menunggu kedatangan Pak Meidy. Hari ini Pak Meidy ingin mengajak para warga Sungsang untuk menanam kembali mangrove-mangrove yang telah rusak. Pak Meidy menjelaskan kepada mereka semampunya. Ia menjabarkan segala yang ia tahu. Baik dari Cek atau kedua mahasiswa itu. Pak Meidy berusaha meyakinkan mereka bahwa pola pikir mereka selama ini adalah salah besar. Ia memberi tahu warga manfaat dan kegunaan mangrove-mangrove itu, khusunya bagi masyarakat desa Sungsang. Tapi sayangnya, usaha Pak Meidy itu sia-sia. Warga tidak ada yang mau ikut serta dalam penanaman magrove tersebut. Mereka tunduk dengan kebijakan Rama. Mereka takut untuk melawan. Mereka tak berani. Melihat respon negatif warga tersebut, membuat Pak Meidy kecewa. Benar-benar jauh dari apa yang ia harapkan. Padahal ia telah susah payah membujuk warga, menjelaskan semuanya, tapi mau berkata apa lagi jikalau inilah hasilnya. Entah apa yang dipikirkan Pak Meidy saat semua warga bubar. Mungkin ia akan membuat bkebijakan baru seandainya ia yang menjadi Kepala Desa di sana atau hanya sebatas anak Kades saja.
          Pak Meidy keluar dari gubuk kecil tempat mereka berkumpul. Ia mencongak ke atas, melihat ke arah matahari, lalu mempercepat langkah kakinya. Semakin cepat dan semakin cepat. Berjalan dengan semangat juang 45. Tak pernah terlihat Pak Meidy sesemangat ini. Tidak tahu apa sebabnya tapi dia tau apa akibatnya nanti. Kaki tua Pak Meidy kini telah terkubangi lumpur sepenuhnya. Tangannya pun telah berlumuran lumpur hingga ke celah-celah kukunya.  Semakin semangat ia menancapkan mangrove-mangrove kecil di keranjangnya ke dalam lumpur. Setiap tunas yang tertanam di lumpur  itu, tertanam pula harapan Pak Meidy yang besar. Ia ingin agar kelak mangrove-mangrove muda ini akan tumbuh dengan suburnya dan menyebarkan manfaat mereka untuk anak dan cucungnya di kemudian hari. Dia tidak peduli seberapa lelah yang ia rasakan demi mewujudkan harapannya. Ia tau dia memang bodoh. Bukan anak sekolahan. Tapi ia menyadari bahwa ia cukup pintar untuk tidak dibohongi oleh Rama. Andai saja pekerjaan ini dilakukan bersama-sama warga Sungsang lainny, pasti sekarang telah banyak dan cepat selesai. Walau sendirian, namun itulah Pak Meidy. Seorang lelaki setengah baya yang memiliki niat dan tekad yang kokoh, serta semangat yang tak kalah besar dengan anak muda zaman sekarang.
          Begitu asyiknya Pak Meidy menanami mangrove-mangrove itu, sampai-sampai ia tak menyadari bahwa Rama telah sedari tadi memperhatikannya. Rama melihat semua apa yang ia kerjakan, mengamati semua tingkahnya. Pak Meidy tidak menyadari bahwa calon menantunya yang ada di balik semua kebijakan bodoh ini berdiri tegak di samping sebuah pohon. Bersembunyi, mengintip semua tingkahnya. Mungkin saja Rama telah mengikutinya sejak ia masih membujuk warga untuk melakukan penanaman mangrove itu. Atau baru saja saat ia sudah mulai menanam. Yang jelas saat itu Rama tidak melakukan apa-apa selain hanya melihat dan heran. Mulutnya seakan terkunci rapat agar tidak dapat meneriaki Pak Meidy. Tubuhnya seolah mati, tak bergerak agar tidak dapat menghentikan Pak Meidy.
          Bisa saja saat itu ia benar-benar membenci Pak Meidy yang melanggar kebijakannya. Mungkin juga saat itu ia berpikir bahwa Ayah Siti ini benar-benar gila. Tapi Rama malah tertegun kagum atas apa yang dilakukan Pak Meidy. Kali ini dia berpikir bahwa sepertinya dia lah yang gila, mengagumi apa yang seharusnya ia benci, yang membuatnya marah. Bukan malah mengagungkan tindakan pria tua itu. Sebuah keanehan yang dia tidak tahu apa penyebabnya. Barangkali ia bisa menemukan jawabannya segera pikirnya. Rama berlari meninggalkan kubangan lumpur itu. Rumahlah tujuannya. Ia mencuci wajahya dengan air es. Dia sangat bingung apalah hebatnya sebuah “mangkerop” itu, sampai-sampai pria renta seperti Pak Meidy saja sanggup menjadi muda kembali demi menanaminya. Ataukah sudut pandangnya yang selama ini keliru ??








Sebuah Piihan

Terlihat awan hitam menggantung, pertanda hujan akan segera turun. Awan bergulung-gulung tertiup angin, ada yang bersatu dengan awan lain, ada juga yang memisahkan diri. Tidak lama petir pun menyambar, kemudian hujan turun dengan deras nya. Angin terasa dingin menusuk kulit ari hingga menembus ke tulang. Air mengalir kesegala arah dan menggenang dimana-mana.
Rama duduk termenung di jendela kamar nya, pandangan nya jauh menerawang ke depan. Hujan deras dan angin kencang yang sedang terjadi seperti tidak Ia rasakan. Fenomena malam saat itu disertai petir yang menyambar-nyambar, seolah marah kepada Rama atas semua tindakan yang selama ini ia lakukan. Namun rama sendiri tidak menyadari itu.. Jasad nya  mungkin disini tapi pikirannya entah dimana. Melayang-layang jauh tanpa arah dan tujuan. 
Saat ini Ia sedang dihadapkan pada dua pilihan dilanjutkan atau berhenti sampai disini.  Ketika di hadapkan pada dua pilihan disaat itu lah kita harus menggunakan pikiran dan hati kita dengan sebaik-baiknya. Kita sedang di uji mana yang akan kita putuskan, akankah berdampak baik atau buruk untuk kita dan sekitar kita. Itu lah yang sedang di alami oleh Rama. Putra tunggal anak Kades Sungsang. Melihat semangat dan kemauan Pak Meidy, Rama mulai berpikir tentang tindakan nya selama ini, benar atau kah salah,  Ia dilema. Ia heran melihat seorang yang renta seperti Pak Meidy yang sampai berani menentang keputasannya, keputusan seorang anak kepala desa. Ia heran kenapa Angga, Fira dan Cek mau saja membuang-buang waktu mereka, hanya untuk mengurusi pepohonan di tengah Lumpur. Ia benar-benar heran mengapa mereka semua bersikeras untuk melestarikan bakau-bakau itu. Keheran itu membuat ia berpikir pasti ada alasan kuat yang mendasari pikiran mereka. Ia kembali berpikir sesorang yang telah tua seperti Pak Meidy saja, punya semangat yang kuat, mengapa saya malah menghancurkan nya. Rama tersadar dari lamunannya dan melihat di sekelilingnya, Ia kaget dengan keadaan disekitarnya mengapa air menggenang dimana-mana menandakan hujan baru saja turun.
Tidak terasa waktu telah menunjukkan pukul 23.00 WIB. Ia telah menghabiskan waktu berjam-jam dengan melamun di jendela. Lalu Ia meayunkan kaki nya menuju pembaringan yang empuk, terbuat dari busa, maklum untuk anak seorang pak kades pasti tidak sulit untuk membeli pembaringan seperti itu. Walaupun tidur diatas tempat tidur yang empuk tidak membuatnya tertidur pulas. Ia masih memikirkan keputusannya. Ia bergulingan kekiri dan kekanan, sesekali menelungkup dan kemudian duduk, rasanya mata Rama susah sekali untuk diajak tidur. Mungkin matanya menggambarkan suasana hati Rama yang sedang gundah gulana. Setelah beberapa jam kemudian tidak terlihat lagi Ia menggerak-gerakkan tubuh nya, bergulingan seperti tadi. Ia telah tertidur pulas yang mungkin juga tanpa disadari Rama.
Malam pun berlalu, Rama terbangun dari tidurnya dan melihat kearah dentuman waktu. Ia berguman “ehm…sudah pagi pulok hari ni dak teraso, jam berapo yo semalam aku tiduk kok aku dak tahu, mungkin aku kecapekan.” Ia terlihat berpikir dan bingung. Lalu ia beranjak dari tempat tidur mengarah kan kaki nya menuju kamar mandi. Dan terdengar suara percikan-percikan air yang jatuh di lantai dan dinding  kamar mandi. Mungkin Ia sedang mandi atau sekedar cuci muka. Tak lama kemudian Ia keluar dan telah terlihat segar,
“nak pegi kemano Rama pagi-pagi mak ini?” tanya Ibunya. Rama masih terus melangkahkan kaki nya satu demi satu tanpa menjawab pertanyaan ibunya. Ibunya hanya menggeleng-gelengkan kepala melihat tingkah anaknya yang tidak biasa, dan berpikir,
 “ado apo lah yo dengan Rama ni.”
 Semakin jauh dan semakin jauh kakinya melangkah, rumah mewah itu pun tidak terlihat lagi . Ia pun tidak tahu hendak kemana kakinya melangkah. Sepanjang jalan ia hanya diam.  Pandangan matanya mengarah ke depan tanpa menoleh kiri dan kanan. Ternyata langkah kakinya mengajak ia kesebuah kubangan lumpur  bertumbuhkan mangrove-mangrove yang rusak. Tempat yang biasanya ia kujungi tanpa sedikit perasaan pun. Tapi kali ini berbeda. Pandangan yang ia lihat sekarang seakan merusak mata. Hati nya tiba-tiba sedih. Ia heran apa yang ada dipikiran seseorang yang menghancurkan tanaman-tanaman itu. Nafasnya semakin sesak saat ia tau orang itu ialah dirinya sendiri. Pandangan Rama terus menatap bakau-bakau yang telah rusak itu dengan perasaan sesak. Ia lalu berpikir apa yang harus dia perbuat. Rama kembali ke rumahnya dan mencari-cari buku yang membahas tentang tumbuhan bakau. Mungkin saja dulu ia pernah memiliki buku seperti itu. Walaupun tak pernah dibaca. Atau barangkali pula ia pernah meminjam di perpustakaan kecil di sekolah dan tidak mengembalikannya. Berjam-jam ia mencari, membongkar setiap penjuru rumah yang terdapat tumpukan buku, tapi ternyata tak bertemu jua. Inilah kelemahan Sungsang di bandingkan kota. Tidak ada internet yang sampai ke kampung seperti ini. Semua yang dapat lebih mudah dilakukan lewat dunia maya, terasa begitu sulit di sini.
Pencarian sia-sianya membuat waktu tak terasa telah berlari jauh. Cahaya mega matahari mulai membuat kamarnya remang. Ia menghentikan pencariannya sebab malam akan segera datang. Karena rasa lelahnya, ia membaringkan diri sejenak. Memikirkan sesuatu yang bias memperbaiki kesalahannya. Terkadang ia menyalahkan waktu. Mengapa dulu ia tidak bersekolah dengan sungguh-sungguh. Siapa tahu sekarang dia telah menjadi anak dengan sejuta prestasi dan pengetahuan tentang bakau. Jadi tidak usah repot-repot mencari buku ke sana kemari. Pada kenyataanya jangankan memiliki pengetahuan yang luas terhadap bakau menyebutkan kata “mangrove” saja ia tak bisa. Nasib… nasib…
Untuk kali ini, dia tidak ingin mengulang kesalahan yang sama. Ia telah bertekad akan membuat sebuah keputusan yang bijaksana. Demi desanya tercinta, Sungsang.







Angin Malam

“Mau kemana, Fira??,” tanya Cek.
“Mencari angin malam, Cek,” ujar Fira.
“Angin malam itu berbahaya Fira, tidak baik untuk kesehatan”
Fira tersenyum saja.
“Dia sudah biasa Cek menaklukkan bahaya”, Angga ikut-ikutan dengan tertawa lebar. Fira tidak mengubriskan nasehat mereka. Ia berlalu begitu saja. Fira percaya dengan isyarat alam. Dan alam malam ini megisyaratkannya untuk keluar rumah. Hembusan angin membawanya duduk si sebuah bangku panjang yang menghadap ke arah anak sungai. Walau tak terlihat begitu jelas, tapi ia bisa menerka arah arus sungai itu. Arus sungai itu mengalir dengan derasnya. Angin Sungsang memang terasa sedikit berbeda. Lebih dingin dari pada udara malam di kota. Ia lupa membawa sweater abu-abu miliknya yang ia gantungkan di pintu kamar Cek. Fira mendekap kedua tangannya yang ia silangkan. Sesekali Fira menggosok-gosokkan telapak tangannya agar terasa lebih hangat. Dua jam sudah ia duduk di sini. Tapi belum ada petanda yang datang. Bukankah alam telah  memberikan isyaratnya tadi ??
Lalu apa maksud burung-burung yang berterbangan ke arah sungai ini tadi ??
Haruskah gadis ini menunggu lebih lama lagi ??
Sepertinya tidak !!
Pertanda yang sejak tadi ditunggu kedatangannya akhirnya muncul. Tapi Fira benar-benar terkejut melihat seorang yang datang. Ternyata pertanda itu adalah Rama.
          Rama duduk di sebelah kirinnya. Fira hanya melihat gerak-gerik Rama dengan penuh tanda tanya. Sama sekali Fira tidak mengusirnya atau pergi meninggalkannya. Seolah-olah ia mengizinkan Rama untuk menemani dirinya.
Sepertinya getaran hebat dalam tubuh Fira yang membuatnya tidak mampu untuk berkata, apa lagi ingin menyuruh Rama menjauh. Sekian menit mereka berdua tak saling melihat dan tak saling menyapa. Mereka sama-sama penasaran dengan apa yang akan terjadi. Tapi mereka juga sama-sama malu untuk memulai sebuah dialog panjang.
“Hay!!,” Rama mencoba memulai.
“Hay,” Fira gugup.
Mereka berdua tetap tak salling melihat. Pandangan mereka tetap ke arah anak sungai.
“Malam ini dingin nian yo??,” Rama berkata dengan malu-malu. Fira mengangguk. Padahal Rama berkata saat itu dengan bertetesan keringat yang membasahi tubuhnya.
Lalu suasana hening kembali. Rama terlihat komat-kamit berlatih kata-kata untuk berbicara selanjutnya.
Dan akhirya......
“Biso dak kau ngajari aku dikit tentang mangkerop?? Aku dak ngerti nian nah??,” pinta Rama dengan sedikit malu-malu.
Tidak biasanya Fira tertawa mendengar ucapan Rama. Biasanya mereka malah bertengkar, tapi malam ini benar-benar berbeda.
“hee..hee..”
“Bukan mangkerop Rama,, tapi mangrove,” mereka mulai berbicara berhadapan.
”Maap ye..”
“Untuk apo??,” tak biasa Fira berkata lemah lembut.
“Tentang ma nge ro ve tadi tu”
Dan mereka saling memandang lagi.
“Sebenarnyo banyak yang nak aku minta maapke ni bukan cuma waktu salah nyebutke ma-nge-ro-ve nyo bae. Selamo ini aku sudah ngerusak bakau-bakau itu. Aku tu dak tau banyak soal bakau tu. Aku ni Cuma tamat SMA. Idak cak kamu budak kuliahan. Untuk itu lah aku kesini. Aku tadi kebetulan lewat, trus aku nyingok kau duduk di sini. Dak salah kan kalu aku mintak ajari kau tentang bakau tu, Fira. Itung-itung nambah ilmu”
Fira senang mendengar Rama mulai memanggilnya “FIRA” bukan dengan sebutan “KAU” atau “OY” lagi. Tapi yang paling membuat gadis ini merasa senang ialah sikap Rama yang berbeda. Rama yang dulu sama sekali tidak peduli terhadap lingkungan, kini malah duduk di sampingnya untuk minta diajarkan tentang mangove.
“Yolah.. madaki aku dak galak ngajari kau. Pelit namonyo kalu dak galak bebage ilmu tu. Mangrove tu tumbuhan yang biaso kamu sebut bakau. Mangrove tu banyak nian manfaatnyo, Ma, terutamo untuk masyarakat yang tinggal di sekitarnyo. Bakau itu biso nyadang gelombang laut yang lewat. Trus biar dak terjadi abrasi. Bakau jugo sebagai tempat hidupnyo makhluk air lainnyo, misalnyo bae iwak-iwak seperti iwak gelodok , udang, ado pulok kepiting. Kan wong yang tinggal di sekitar tempat tumbuhnyo mangrove tu pacak nagmbek manfaat yang besak dari mangrove itu. Hasilnyo biso untuk makan dewek atau biso jugo dijual. Kan biso untung. Selain itu kamu jugo biso ngambek dahannyo untuk kayu bakar kan, tapi jangan asak tebang, pake sistem tebang pilih. Terus aku jugo pernah denger kalu daunyo tu pacak jadi obat, sayangnyo belum ado penelitian lebih lanjut tentang kegunaanyo sebagai obat tu. Nah sayangkan kalo ditebang mangrove-mangrove itu”
“Yo jugo e,, tapi kan kalu katek mangrove, katek lagi gek agas di kampung ini ni”
“Yo. Mungkin katek lagi. Tapi katek lagi jugo manfaat besak cak uji aku tadi ni. Sekarang kau pekernyo cak ini bae,, besaklah kerugiannyo apo manfaatnyo??”
“Yo manfaatnyolah..”
“Jadi ??”
“Besok biar kito tanem samo-samo, oke ??,”
“Oke!!,” jawab Fira dengan senyum lebar.
          Obrolan mereka pun berlanjut, lebih ke arah pribadi. Fira  tak menyangka akan terjadi hal seperti ini. Begitu pun dengan Rama. Mereka terlihat akrab sekali, sungguh berbeda di saat mereka pertama bertemu. Tidak ada canda tawa dan senyuman. Yang ada hanyalah pertengkaran. Tapi inilah hidup. Selalu berubah keadaannya dan kita tak bisa menebak perubahan itu. Inilah pertama kali mereka duduk berdampingan dan ngobrol bersama. Ada perasaan yang agak aneh mereka rasakan, namun terasa nyaman. Apakah ini isyarat alam lagi ??
          Suasana seperti itu membuat mereka lupa akan waktu. Mereka tidak menyadari bahwa malam kian larut. Langit Sungsang pun seakaan ingin menumpahkan air seperti biasanya. Saat mereka memandangi langit baru lah mereka terjaga. Bahwa sudah tiga jam mereka disana.
“Rama, caknyo hari tambah malem bae. Langit jugo dak mengizinkan lagi untuk kito ngobrol ni. Cak mano kalo kito balek dulu,” ajak Fira.
“Oh iyo e lah jam 11 hari ni, dak teraso. Tapi besok caknyo langit ngizini kito lagi untuk ngobrol”
“Bukan untuk ngobrol. Tapi untuk nanem mangrove nyo,” ujar Fira mengindari godaan Rama.
“Boleh dak aku anter kau sampe rumah??,” tawar Rama.
“Tapi rumah kau kan arahnyo beda”
“Yo dak apolah .. dak baek cewek balek dewekan malem-malem ni”
Fira mengangguk pertanda setuju. Sepanjang perjalanan yang tak jauh itu mereka pun menyempatakan diri untuk berbincang-bincang ringan sampai di depan pagar rumah Pak Meidy.
“Aku masok dulu yo Rama; Mokaseh e sudah nganteri”
“Yo samo-samo”
Fira berjalan menuju rumah Pak Meidy, sedangkan Rama melihatnya dari luar pagar. Memastikan bahwa ia sampai ke rumah dengan selamat. Baru saja Fira ingin membuka pintu, Rama memanggil namanya dan berkata,
“Fira.. ado lagi yang nak aku omongi”
“Apo ??”
“Sebenernyo tu.. ee...”, Rama meneguk nafas nya.
“Aku nak mintak maap jugo soal yang itu.......”
Fira mengangkat bahunya.
“Ehmm.. sebenarnyo .. kau tu cantik..,” Kata Rama sambil mengambil langkah seribu akibat merasa malu. Fira hanya tersenyum sambil membuka pintu. Ketika ia masuk, Cek dan Angga tertawa-tawa kecil menyambutnya. Ternyata mereka mengintip di balik jendela sejak tadi. Sungguh memalukan......
“Ehmm ... ehmmm... “ goda Angga dan Cek. Fira tersenyum malu dan berlari kecil ke kamar. Ia berbaring membayangkan kejadian barusan. Mungkinkah… tanyanya dalam hati. Ia terus tersenyum dan memejamkan mata karena ia tak sabar bertemu hari esok.

Mangrove ku oh..
mangrove ku

          Malam indah itu pun berlalu. Surya pagi telah bangun dari tidurnya. Ia siap menyinari bumi dengan sangat gagah. Muncul di balik atap-atap rumah warga. Memberikan cahaya terang hingga kesudut-sudut perdesaan. Tak pernah ia lelah dan mengeluh walau tiap saat membagi energi pada makhluk bumi secara bergantian. Oh mentari janganlah kau bosan dan jenuh menyinari dunia ini.. karena tak tau apa yang terjadi bila kau benar-benar pergi.
Pagi ini adalah pagi yang ditunggu-tunggu. Pagi yang membuat semua orang bersemangat. Pagi yang diyakini akan membawa perubahan di kampung ini. Inilah pagi dimana akan ditanaminya tunas-tunas mangrove baru yang akan tumbuh dan membawa manfaat besar nantinya. Pak Meidy, Angga, Fira, dan Cek sudah bagun sebelum ayam berkokok. Mereka mempersiapkan semua yang diperlukan. Memberi tahu warga, mengajak anak-anak sekolah, dan menyiapkan bambu-bambu penyangga. Pak Meidy, Angga, dan Rama yang baru saja datang mempersiapkan bambu-bambu itu. Fira dan Cek melakukan penyuluhan kepada beberapa warga dan anak sekolah yang ikut berpartisipasi dalam penanaman. Penyuluhan dilakukan untuk menjelaskan kepada mereka yang belum paham cara penanaman mangrove. Manfaat-manfaat mangrove pun tak ketinggalan dibahas. Sampai tepat pukul 10.00 WIB semua bergegas menuju lokasi penanaman. Angga, Cek, Pak Meidy, serta rombongan berjalan di depan. Fira dan Rama mengikuti dari belakang. Mereka mengontrol agar tidak ada yang tertinggal. Penanaman hari ini sungguh membawa harapan-harapan baru warga Sungsang. Mereka yang telah memahami arti pentingnya lingkungan dan sumber dayanya benar-benar meyakini bahwa dengan penanaman kembali ini akan mengajak mereka ke dalam kesejahteraan nantinya.
Semua berjalan dengan cepat, tak sabar menuju perubahan positif itu. Tapi harapan itu pupus sudah. Mereka tercengang melihat keadaan di lokasi mangrove tersebut. Semua kecewa. Semua marah. Semua mangrove rusak sudah.. Tinggal segelintir lagi yang sepertinya sedang menunggu giliran untuk ditebangi. Apa yang terjadi dengan mangrove-mangrove kami ?? Pasti itu yang ada di benak mereka. Dua orang remaja yang sudah berlumuran lumpur dengan *parang di tangan mereka sibuk menebangi mangrove-mangrove itu. Pak Meidy dan warga memanggil kedua orang itu. Semua orang mendekati mereka.
“Ngapo kamu rusaki galo bakau-bakau ini ?? bukannyo nak jagonyo malah kamu tebangi ??,” tanya Pak Meidy kesal.
Salah satu dari mereka menjawab,
“Bukan kami Pak”
“Bukan kamu ?? Jadi siapo ?? Antu banyu ?? Jelas  nian mak itu kamu bawa parang sambil nebangnyo,” kata Fira yang mulai gerah.

*semacam golok atau pedang tradisional
Kedua pemuda itu melirik Rama lalu menunduk.
“Maap Pak. Kami ni cuma disuruh”
“Oleh siapo ??,” Angga bertanya.
Pemuda itu menunjuk kearah Rama. Menyadari bahwa ia yang disalahkan, Rama menggeleng-gelengkan kepalanya.
“Aku ?? Katek-katek?? Kapan aku nyuruh kamu”
“Trus ngapo kau galak??”, Cek ikut mengintrogasi.
“Kami kan di kasih duet oleh Rama. Tigo ratus ribu tapi bage duo”
Semua menoleh ke arah Rama.
Termasuk Fira. Ia menatap Rama begitu tajam. Rasanya ingin ia sobek-sobek mulut Rama. Kemarin begitu manis, tapi sekarang berbeda lagi. Rasa amarah dan kecewa yang Fira rasakan tidak sanggup ia bendung lagi. Tanpa ia sadari air matanya keluar dan menetes. Membasahi pipinya.
“Baru kemaren kau janji untuk berubah dan memperbaiki kesalahan kau,, baru kemaren kau ngajak untuk nanem mangrove nyo,, tapi apo ruponyo ??,” kata Fira serak.
Belum sempat Rama menjawab, tapi Fira telah meninggalkannya. Berlari kencang menuju rumah. Semua tahu Fira marah, Fira kesal, Fira sedih, Fira kecewa. Tapi bukan saja Fira yang begitu. Semua merasakan hal yang sama. Sia-sia pikir mereka. Angga dan Pak Meidy mencoba memberi penjelasan kepada warga dan anak-anak agar tidak terjadi masalah dan kesalahpahaman. Cek segera menyusul Fira yang telah jauh berlari. Semua bubar dengan tertib, meninggalkan Rama di tengah kubangan lumpur. Rama tahu bahwa dia lupa memberitahu Wawan dan Hery untuk membatalkan rencana mereka. Rencana penebangan itu. Tapi apa daya, ini semua telah terjadi. Percuma ia berdiri di sana menyesali kelalaiannnya. Semua juga sudah marah dan tak percaya lagi dengannya. Dia memang bodoh. Padahal kesempatan memperbaiki diri itu sudah di depan mata, tapi malah ia hancurkan sendiri.
“Susah nian nak jadi wong baek ni”, gumamnya dalam hati. Kini hutan magrove yang dulu lebat itu telah gundul. Hanya tersisa tujuh sampai delapan bakau lagi. Rama melangkah lemas meninggalkan pandangan yang menyakitkan itu. Kalau bapaknya tahu tentang apa yang Rama lakukan selama ini, pasti bapaknya marah besar.
Sepanjang jalan Rama terus menyesali keadaan. Tak ada yang pantas disalahkan kecuali dirinya. Itulah yang terus ia katakan dalam hati. Kalau saja waktu dapat diulang, dia bakal memutarnya jauh-jauh sekali, sehingga tidak akan ada masalah seperti ini. Yang paling ia sesali ketika ia membuat Fira menangis. Gadis kepala batu dan tak mau kalah itu mengeluarkan air matanya. Sungguh pemandangan yang luar biasa menyakitkan bagi Rama. Rama ingin sekali meminta maaf dan memperbaiki semuanya. Tapi adakah yang masih mau mempercayainya? Setidaknya untuk mendengarkan penjelasan Rama. Mungkinkah Fira mau berbaik hati untuk memaafkannya lagi ? atau jangan-jangan Fira marah besar dengannya. Semua pertanyaan yang jawabannya dapat membuat hati Rama semakin sedih. Rama masuk ke rumahnya dengan mengucapkan salam. Salam pertamanya setelah ia keluar dari pesantren lima tahun yang lalu.
“Assalamu’alaikum”
“Waalaikumsalam .. Cepet nian Ma kau balek .. uji kau nak melok nanem bakau??,” tanya Ibu Rama yang bingung melihat anaknya pulang lebih awal.
“Dak jadi”
Ibu Rama mengerti bahwa anaknya sedang ada masalah. Dan biasanya, kalau begini Rama lebih suka menyendiri. Mengurung diri selama berjam-jam di kamar. Tapi setelah itu kembali lagi seperti semula. Ibu ini tahu bahwa hati anaknya sedang gundah. Bukan waktu yang tepat baginya untuk mengajak Rama bicara. Mungkin nanti sajalah.
Tapi nyatanya sejak siang tadi Rama belum juga keluar makan, bahkan tidak untuk mengisi perutnya. Rasa sedih Rama mampu mengalahkan rasa laparnya. Berulang kali Ibunya membujuk Rama untuk makan, tapi Rama tak peduli. Sudah larut malam, Rama tetap mengunci dirinya di dalam kamar. Entah apa yang dia kerjakan. Ibunya mengetuk-ngetuk pintu kamar Rama. Berharap Rama akan membuka pintunya. Ya.. benar saja, Rama keluar dengan mengenakan jaket kulit hitamnya. Tapi di dalam jaket itu, Rama masih memakai kaos putih dan celana jeansnya tadi siang.
“Nak kemano Rama malem-melem cak ini ??”, Tanya Ibu nya yang khawatir.
“Ke rumah Pak Meidy, Bu”
“Nak ketemu Cek yo ?? besok kan biso Ma, lagi pulok harilah malem”
Rama tidak menjawab. Ia mengambil tangan Ibunya dan bersujud. Rama lalu tersenyum.
Ibu Wana benar-benar heran dengan sikap anaknya akhir-akhir ini. Kadang-kadang marah, kadang-kadang senyum gembira, dan kadang-kadang sedih. Yang paling membingungkan ialah sikap Rama yang berubah menjadi anak yang sopan. Mengucapkan salam saat masuk rumah dan sujud kepada orang tua saat keluar rumah.
Rama mengambil kunci motornya di atas meja di ruang tamu. Lalu menghidupkan matic miliknya itu menuju rumah Pak Meidy. Ia berdo’a dalam hati agar semua dapat memaafkannya. Suara motornya tak terdengar lagi saat dia sampai didepan pagar rumah Pak Meidy. Disana dia melihat Fira, Angga, dan Cek duduk di depan pintu. Rama mencoba mendekati mereka. Dan menyapa..
“Assalamu’alaikum,” Rama semakin mendekati, sementara motornya tetap berada di luar pagar.
“Waalaikumsalam”
Mereka semua memang menjawab pelan. Melihat Rama yang datang, Fira cepat-cepat masuk rumah, tanpa menghiraukannya. Cek menyusul Fira ke dalam. Sedangkan Angga tetap di sana mempersilahkan Rama duduk. “Fira marah yo samo aku ??,” Tanya Rama pura-pura tidak tahu.
“Kalu lah”, jawab Angga singkat.
“Caknyo bukan Fira bae yang marah samo kau, tapi Cek jugo,” tambah Angga.
Rama menyunggingkan bibirnya dengan paksa. Ia seperti itu untuk menghibur hatinya sendiri atas jawaban Angga.
“Bukan Fira samo Cek bae cak nyo Ga, tapi hamper galo-galo wong,” ujar Rama lagi.
Mereka sama-sama tertawa, tapi bukan karena ada hal yang lucu, melainkan untuk mencari alasan saat sama-sama tidak tahu harus berkata apa.
          Rama meminta Angga mendengarkan penjelasannya. Dia ingin Angga tau bahwa dia tidak bermaksud membohongi mereka. Dia dulu memang jahat, merusak kosistem mangrove itu. Tapi saat dia telah berubah, ia malah membuat kesalahan lagi. Ia lupa membatalkan perintahnya untuk menebangi mangrove-mangrove itu. Dan inilah akibatnya, semua orang marah padanya.
          Angga mendengarkan setiap kata yang keluar dari mulut Rama. Tapi dia sama sekali tidak berkomentar. Kata orang diam itu lebih baik. Tapi bagi Rama kediaman Angga itu membuat hatinya semakin gundah.
“Ehmm.. aku masok dulu yo Ma, lah ngantuk nian nah,” Angga berangkat dari duduknya.
Rama hanya tertunduk diam.
Angga menutup pintu rumah kayu itu secara perlahan. Ia takut menyinggung perasaan Rama. Ia tidak enak hati kalau rama mengira Angga mengusirnya. Karena tidak tega, Pak Meidy keluar menemui Rama. Menemaninya dengan secangkir hangat kopi hitam.  Sambil memberikan kopi itu Pak Meidy bertanya kepada Rama,
“Ma, kopi itu kan rasonyo pahit ?? Jadi cak manolah caronyo supayo kito biso minumnyo biar dak teraso pait ??”
Memang aneh pertanyaan yang diajukan Pak Meidy. Tapi itulah Pak Meidy. Dia tahu bagaimana cara menghadapi seseorang seperti Rama. Mereka mengobrol berjam-jam di luar. Bicara antara pria dan pria. Pembicaraan empat mata yang penulis novel ini saja tidak tahu apa. Tepat tengah malam Rama berpamitan pulang. Sepertinya pembicaraan itu membuat dia merasa agak tenang. Tapi tak setenang saat dia bicara dengan Fira.
“Fira, Rama tadi netep salam untuk kau,” ujar Pak Meidy sambil menutup pintu dan masuk.
Fira, Cek, dan Angga memang belum tidur. Mereka duduk di ruang depan. Sedangkan Ria sudah tidur sehabis Isya tadi.
“Yo Fir, dio tadi tu jugo netep samo aku, salam untuk Fira e katonyo,” Angga ikut menggoda.
“Untuk aku ??,” Tanya Cek.
Angga cemberut melirik Cek.
Cek menjulurkan lidahnya ke arah Angga. Meledek respon Angga. Angga tahu Cek hanya bercanda.
          Fira tidak memperhatikan tingkah mereka. Ia masuk ke kamar dan mengambil kopernya. Membereskan isi-isinya, merapikan pakaian yang tergantung di pintu. Cek yang masuk tanpa mengetuk pintu terkejut dan bertanya,
“Ngapo lah diberesi pakaian-pakaian kau??”
“Besok aku balek k Palembang”
“Besok??”
“Tapi kan belum sudah penelitian kamu di sini?”
“Memang belum, dak kelah pernah sudah”
“Maksud kau??”
“Memang ado yang nak kami teliti?? Biar kami cari tempat laen be Cek, yang dak katek Rama nyo di sano”
“Jadi kau nak balek yo ke Plembang ??”
“Yo, besok!!”
Cek memperhatikan setiap apa yang dikerjakan Fira. Fira yang selesai membereskan barang-barangnya segera berbaring di sebelah Ria. Cek termenung di dekat jendela. Mungkin ia sedih melihat akhir cerita mereka seperti ini. Kesan yang buruk.. Rama memang pantas disalahkan. Andai saja masih ada sifat baik di diri Rama, pikir Cek, pasti semua akan kembali baik.










                                                                                                                                     


Panggil Aku Rama


          Hari-hari berlalu begitu saja. Siang menjadi malam. Malam kembali siang. Bintang-bintang menerangi gelap sampai akhirnya mereka di telan cahaya panas. Lalu matahari itu pun kembali lelah, istirahat sejenak untuk datang di hari esok lagi. Seperti itulah selama sepekan di Sungsang, kedua mahasiswa yang rencananya akan melakukan observasi mangrove di sini, ternyata malah mendapatkan hasil nol. Bukan karena mereka tidak berhasil, tapi memang tidak ada yang akan di teliti. Mangrove-mangrove yang terakhir mereka lihat satu tahun yang lalu, kini tersisa hanya sekitar delapan buah saja. Bagaimana mereka tidak kecewa dan sedih ??
          Itulah alasannya Fira memutuskan untuk kembali ke Palembang dan meneruskan kuliahnya. Buat apa menunggu hal yang tak pasti. Mungkin banyak tempat lain yang masih menyimpan kekayaan mangrove. Mungkin bukan di sini, di Sungsang. Pagi-pagi Fira telah siap untuk melakukan perjalanan pulang. Ia keluar kamar dengan ransel yang disandang di punggungnya. Lalu berpamitan kepada Pak Meidy, Cek, dan Ria.
“Nak kemano, Non “, tanya Angga.
“Kito ke Palembang hari ini jugo,” jawabnya.
Angga dan Cek tertawa. Ria yang sedang menuangkan teh untuk mereka ikut tertawa.
“Ngapo kamu ngakak ?? Serius aku ni”, kata Fira bingung.
“Sudahlah taroklah tas kau Fira, kito ngeteh dulu bae”, ajak Cek.
Fira semakin binggung. Apalah maksud mereka..
“Hari ini kau dak biso ke Palembang,” Pak Meidy turut bicara.
“Ngapo Pak ??,” Fira kembali bertanya.
“Memangnyo kau nak berenang apo ke Palembang ??,” ledek Angga.
“Ngomong apo kamu ni ??,” Fira mulai kesal. Ia duduk di meja makan dan meneguk segelas teh yang telah dituangkan oleh Ria. Ia meniup-niup teh itu sebentar untuk memastikan bahwa teh itu tidak akan merusak lidah karena terlalu panas.
“Hari ini ado *kalangan di Sungsang,” ujar Cek.
 “Jadi ??,” Fira semakin bingung. Mereka sungguh bertele-tele dalam menjelaskan, membuat Fira menjadi kesal.
“Kalu ado kalangan, dak katek yang nak bawa ketek ke seberang. Wong nak ke kalangan galo,” jelas Pak Meidy.
“Jadi kami dak biso ke Palembang yo hari ini, Pak ??,” Fira bertanya lagi.
“Yolah.. Cak mano kamu nak nyeberang kalu katek ketek,” Pak Meidy berkata sambil memakai baju nya. Ia akan ke kalangan pagi-pagi sekali.
“Tapi kan Pak Meidy ado perahu??,” Fira mencoba membujuk Pak Meidy.
Cek membereskan gelas-gelas teh yang telah kosong dan berkata,
*pasar yang biasanya hadir di desab dan  secara berkala misalnya seminggu sekali

“Perahu Bapak bocor, Fir”
“Yah...,” keluh Fira.
“Sudahlah Fir.. Besok baelah.. Lagi pulok hari ini kito biso pegi ke kalangan dulu, kapan lagi kan ??,”Angga menghiburnya.
“Yo Fir, aku denger kau hobi masak kan ??, cak mano kalu kito belanjo ke kalangan, kito beli sayur samo ikan terus kito masak samo-samo,” Cek ikut membujuk.
 Fira berpikir sejenak.
“Lajulah Fir, sebagai ucapan mokaseh samo Cek dan Pak Meidy nah... kau masak i mereka tu..,” ucap Angga mendekatinya.
Fira berpikir lagi. Ia bingung untuk menentukan keputusan. Haruskah tinggal di sini untuk satu malam ini lagi ?? Ataukah tetap pulang ?? kalu mau pulang pun bagaimana ?? Tidak ada perahu atau ketek ke seberang. Ataukah ikut saran Angga untuk berenang sampai seberang ?? Bodoh kalu begitu,, bisa-bisa mati tenggelam karena kelelahan.
“Yolah kalu mak itu,” akhirnya Fira memutuskan.
Angga dan Cek saling melirik. “Berhasil”, dalam hati mereka saling berkata.
“Ayo, Fira kito ke kalangan”, ajak Cek segera.
Fira meletakkan ranselnya di atas meja makan dan mengikuti Cek.
“Aku dak diajak e ??,” Angga merajuk.
Tanpa bicara Cek menarik tangan Angga. Entah Cek sadar atau tidak dengan apa yang dia lakukan, tapi Angga dibuat kaku oleh tarikan tangannya.
Mereka tertawa dan bercanda sepanjang jalan. Sungguh seperti teman yang telah lama bersahabat. Padahal belum genap sepekan mereka saling kenal. Ria berjalan mendahului mereka, anak kecil ini tidak sabar untuk melihat-lihat aksesoris wanita. Tidak salah kan jika anak kecil juga ingin tampil cantik..
“Memangnyo kito nak masak apo, Cek,” tanya Fira.
“Kepeteng saos pedes bae Fir,” Angga menyarankan.
“Hu kegalakan.. Aku kan betanyo samo Cek bukan samo kau hu.....”
“Yo Fir, kepeteng saos pedes bae,, mancaaap..,” Cek membela Angga.
“Pacak nian e kamu beduo ne maen keroyokan..,”
Hahaha,” Angga dan Cek tertawa.
          Mereka bertiga melihat kesini situ. Memilih kebutuhan yang akan dibeli. Berjalan di tengah keramaian kalangan. Kepiting, kangkung, cabai, tomat, serta bumbu-bumbu dapur lainnya tak luput dari incaran. Angga yang dapat bagian untuk membawakan barang-barang telah mengkhayal jauh tentang makanan-makanan yang akan segera disantap. Ehmm... enak....
          Setelah berkeliling-liling kalangan sampai lelah dan yang dicari juga sudah di tangan, mereka memutuskan untuk pulang ke rumah. Kalangan tersebut memang tidak jauh dari rumah Pak Meidy dan rumah warga lainnya. Kalangan yang ada setiap hari Sabtu ini menyediakan kebutuhan sehari-hari warga Sungsang. Mulai dari makanan, pakaian, hingga peralatan sekolah. Jadi orang-orang di sini tidak harus berbelanja ke Palembang untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan, asal saja mereka mau menunggu sampai hari Sabtu.
          Tak perlu berjalan jauh, Angga, Fira, dan Cek sudah dapat berada di rumah. Angga yang kelelahan menemani dua gadis ini berkeliling, memilih untuk beristirahat di  pondok samping rumah Pak Meidy. Pondok kayu itu sengaja Pak Meidy buat sebagai tempat untuk beristirahat di kala letih bekerja. Angin yang sepoi-sepoi menambah kenikmatan orang yang berada di dalamnya. Angga yang memang sudah lelah, tak sanggup terjaga lebih lama lagi. Sementara Fira dan Cek sibuk memasak di dapur. Layaknya para gadis yang lain, sembari memasak pun mereka menyempatkan diri untuk bercerita dan mengobrol.
“Tumben e Cek seharian ini Rama dak kejinggokan. Jangan-jangan ado apo-apo pulok dengan dio,” ujar Fira sambil menumbuk bumbu-bumbu.
“Ay, kangen e cak nyo,” kata Cek yang sedang mencicipi tumis kangkung.
“Siapo yang kangen ?? Aku tu Cuma nanyo bae. Biasonyo kan dio lah muncul. Tapi dari pagi tadi dak kejingokan batang idungnyo”
“Kau khawatir ye samo dio ??,” goda Cek.
“Idak ye ….”
“Ngakulah…”
Fira menodongkan pisau kea rah Cek, seakan-akan mengancamnya. Lalu mereka tertawa lagi.
          Tiba-tiba Angga muncul dari belakang. Bau harum masakan mereka ternyata membangunkan Angga dari rasa kantuknya.
“Sudah apo kamu masak ni,, jangan becerito bae,” kata Angga sambil tertawa kecil.
“Yo, Ga, tinggal kepetengnyo bae yang belum masak . tapi caknyo denget lagi lah,” Cek berkata dengan sedikit manja.
“Sabar oo..,” Fira mematikan kompor minyak nya dan mengaduk-aduk kepiting tersebut agar sambalnya tercampur merata.
“Ehmmm lemak caknyo. Tapi panggel dulu Pak Meidy tu Fir, ajak makan, madaki kito makan dak ngajak-ngajak dio,” ucap Angga lagi.
“Dimano ??,” tanya Fira.
“Di tempat mangrove-mangrove itu, Fir,” jawab Angga.
“Ay jauh nian… mano dak katek yang nganter,” keluh Fira sambil mencuci tangannya.
“Kau ni Fir dak lemaklah kalu makan dewek. Cek nak nyari Ria. Aku jago rumah”
“Yo Fir, Ria ni maen tapi belum balek jugo.. maen jaoh pasti dio ni,” ujar Cek.
“Ngapo dak kau be Ga yang ke sano .. tega nian si,” pinta Fira.
“Kau galak jago rumah dewekan?? Gek ado yang maleng,, cak mano nah”
“Dak papo lah Ga”
Angga tidak berkata lagi. Dia mendorong pelan Fira hingga ke depan pintu. Sedikit memaksanya untuk ke kubangan lumpur itu.
          Awalnya Fira menolak, tapi karena dipaksa terus menerus, akhirnya ia mau juga. Sedikit aneh memang. Fira heran saja mengapa Angga dan Cek begitu memaksa agar dia yang menjemput Pak Meidy. Alasannya memang tidak masuk akal. Namun Fira tetap berpikir positif saja, mungkin ini isyarat alam lagi buatnya, atau bisa disebut isyarat Angga..
Mau menolak sudah terlambat. Mau kembali lagi sudah terlanjur separuh perjalanan. Diterima sajalah walaupun dengan hati yang kesal. Bagaimana tidak ?? Jarak antara rumah dan tempat mangrove-mangrove itu tumbuh memang cukup jauh. Cukup membuat kaki terasa kekar. Sepanjang jalan Fira semakin yakin pasti ada sesuatu di balik ini. Dan benar sekali Fira atas keyakinanya itu. Di sana tidak ada Pak Meidy. Fira baru ingat bahwa Pak Meidy pergi ke kalangan tadi pagi. Yang ada di sana hanyalah musuhnya, yang sempat menjadi teman lalu musuhan lagi. Rama berdiri di tengah kubangan lumpur itu dengan berlumuran lumpur hitam pula. Di sekelilingnya sudah tertancap bayi-bayi mangrove yang tak sedikit jumlahnya. Mungkinkah ia melakukan ini sendiri ?? Sepertinya tidak. Kalau pun dia melakukannya sendiri tentu dari subuh ia harus mulai mengerjakannya. Apa mungkin seorang seperti Rama rela bangun pagi-pagi untuk menanami bibit-bibit mangrove yang dia sendiri membencinya. Bangun pagi untuk Sholat Subuh pun Fira rasa dia tidak mau, apalagi kalau harus berlumuran lumpur seperti ini.
Tapi pemandangan depan mata ini sungguh berbeda dari kenyataan. Rama benar-benar sendiri di sana. Menggenggam bibit mangrove itu sendiri. Menanamnya juga sendiri. Serba sendiri. Seperti lagu dangdut saja sudah. Lalu siapa bilang Rama tidak melakukannya sendiri ?? Siapa bilang Rama tidak sanggup bangun pagi demi mangrove-mangrove ini?? Jangan panggil dia Rama jika dia mampu melakukannya. Memang hasilnya tidak terlalu banyak untuk mengembalikan ekosistem mangrove yang terlanjur rusak, tapi sepertinya cukup bila dilihat dari segi usaha dan niatnya.
“Tara….,” dia mencoba mengejutkan Fira dengan memperlihatkan hasil kerjanya. Fira tak berekspresi sedikit pun.
“Apo??,” tanya nya.
“Kau dak jingok ini ?? Aku nanamnyo dewek dari Subuh tadi sampe sore cak ini”
“Terus ??,” Fira tetap tanpa raut wajah apa pun.
“Kau dak terkesan samo sekali apo ?? Kalu mak itu kau dak menghargoi niat baik aku. Aku susah payah cak ini demi kau. Demi wong kampong ini biar dak kecewa samo aku. Anggeplah sebaga tando map aku samo kamu-kamu. Eh kau nyo malah dak menghargai,” Rama kecewa dengan sikap dingin Fira.
“Susah payah ?? Kalu cak itu dak usah kau gaweke kalu kau ngeraso susah, ngeraso payah. Sudah… dak capek kan ?? Cak itu bae repot,” Fira membalikkan tubuhnya dan berjalan pulang. Rama menyusulnya dengan tubuh yang masih berlumpur dan bau.
Fira melihat ke arah jauh di depan. Dia sudah lelah untuk berjalan ke rumah Pak Meidy. Tak sanggup untuk berjalan kaki. Dia memperhatikan motor matic Rama sambil tersenyum dalam hati.
“Aku galak maapke kau tapi ado syaratnyo. Kau harus anter aku sampe rumah Pak Meidy,” Fira melakukan penawaran klasik.
Rama yang sudah dapat membaca rambu-rambu hijau itu, pura-pura jual mahal.
“Emangnyo aku tadi minta map apo ??”
“Oh….. yosudah kalu dak galak,” kata Fira sambil berjalan kaki meninggalkan Rama.
Rama menghidupkan kuda bermesinnya itu dengan segera. Dari belakang dia membunyikan klakson dan berkata,
“Payo, naeklah,” Rama tersenyum dan Fira membalasnya.















Akhir Cerita di Sungsang


          Mereka berdua ber-boncengan menuju rumah Pak Meidy. Di sepanjang jalan, Rama menjelaskan semua yang terjadi kepada Fira. Ia meminta maaf atas kesalahan dan kelalaiannya yang telah lupa membatalkan niat buruknya waktu itu dengan kedua rekannya. Rama terus mencoba merayu Fira agar memaafkan dirinya. Fira yang memang sudah tidak keras hati lagi, mudah saja untuk memaafkan Rama. Hanya saja, Rama juga harus meminta maaf dan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi kepada warga dan anak-anak yang kemarin ikut dalam rencana penanaman mangrove. Rama juga berjanji untuk tidak mengulangi sikap tololnya yang menebangi mangrove-mangrove tersebut dengan ganasnya. Fira senang karena perkiraannya selama ini tentang Rama adalah salah. Ternyata Rama tidak seburuk dan sejahat seperti yang orang-orang katakan. Pertama bertemu memang menjengkelkan, tapi lama kelamaan terlihat bahwa Rama tidak seperti itu.
          Sampai di rumah Pak Meidy, ternyata mereka semua telah menunggu Fira dan Rama, termasuk Pak Meidy yang tadi ia cari-cari. Makanan yang telah Fira dan Cek masak telah tertata rapi di atas meja makan. Makanan sederhana itu terlihat begitu cantik saat dihias seperti itu. Sudah hampir mirip dengan makanan di restoran-restoran ternama. Mereka memang sengaja menunggu Rama dan Fira datang dahulu, barulah nanti mereka santap bersama-sama makanan yang telah menggoda sejak tadi.
“Alhamdulillah akhirnyo kamu nyampe jugo. Jalan-jalan dulu apo tadi tu Fir??,” ledek Angga seperti kura-kura dalam perahu. Pura-pura tidak tahu.
“Jalan-jalan dari hongkong. Dak jingok apo kau kami lumpuran cak ini ??,” Fira merajuk.
“Dak boleh marah lah kalu lah baekan tu,” Cek mulai ahli menggoda. Pasti dia berguru dengan Angga.
“Aku ni tau e pastilah ini ni rencano kamu galo kan ??,” Fira meminta mereka mengaku.
“Sebenernyo aku Fir yang ngatur galo-galo ni,, Cuma yang ngasih idenyo ni Pak Meidy,” jelas Rama sambil membersihkan dirinya dengan handuk yang diberikan Ria saat mereka datang tadi.
Pak Meidy hanya nyengir kuda. Ternyata eh ternyata mereka menyusun rencana ini tanpa sepengetahuan Fira. Rama yang mengajak Pak Meidy untuk kongkalikongan waktu mereka ngobrol malam kemarin. Pak Meidy sempat membaca niat tulus Rama tersebut, karena itulah beliau mau di ajak berperan dalam rencana yang dibuatnya sendiri.
          Mereka terus membahas hal itu sambil makan siang. Mulai dari pertama bertemu hingga kejadian hari ini. Tertawa bersama mengingat tingkah mereka waktu itu. Padahal mereka semua tahu tentang hal itu, dasar saja masih mau menceritakannya kembali. Sebagai hiburan di saat makan siang mungkin... Makanan sederhana ini terasa begitu istimewa jika disantap bersama dan dalam perasaan bahagia. Walaupun penelitian tentang mangrove ini tidak memuaskan, namun Fira dan Angga cukup bahagia dan berbangga hati, sebab kedatangan mereka di sini dapat merubah pola pikir masyarakat Sungsang untuk lebih menghargai alam serta sumber dayanya.
          Selesai mengisi perut, Angga dan Cek berkeliling desa untuk menikmati suasana sore di Sungsang. Melihat anak-anak yang dengan lucunya bermain di pinggir sungai. Sungai berair payau itu memantulkan cahaya matahari yang keemasan. Sungguh suasana yang romantis. Tidak mudah bagi Cek untuk melupakan kenangan seperti ini. Akankah Angga merasakan hal yang sama seperti gadis lugu ini ??
Di lain tempat, Fira dan Rama memutuskan untuk menghabiskan sore, di tempat pertama kali mereka berbaikan. Tempat yang menjadi saksi perubahan Rama. Mereka menikmati panorama Sungsang sore itu. Pemandangan yang juga dinikmati Angga dan Cek namun di tempat berbeda. Angin yang berhembus lembut, selembut sutra menambah sempurnanya petang itu.
“Besok kau jadi balek Fir ??,” Rama memulai pembicaraan itu.
“Yo Ma,, Aturan hari ini. Tapi kato Pak Meidy dak katek ketek nak nyeberang. Wong nak ke kalangan galo”
Rama tertawa dan berkata dengan entengnya,
“Kau tu dibohongi oleh mereka. Itu tu bagian dari rencano kami, biar kau belum ke Plembang dulu hari ini. Meski ado kalangan, yo tetep bae mereka nak bawa ketek ke seberang, apo harus dak begawe gara-gara kalangan”
“Perfecto,” kata Fira.
Rama menoleh ke arahnya. Ia tidak mengerti arti kata itu.
“Sempurna,” kata Fira.
“Aponyo ??”
“Yo rencano kamu ...”
Rama tersenyum.
“Jadi besok kau samo Angga ke Plembang nian e ?? cak mano jadi penelitian kamu tu ??”
“Yo cak itulah.. biar kami cari tempat laen bae, tempat yang ekosistem mangrovenyo masih bagus.. dak mungkin kan kami nunggu bibit-bibit mangrove itu sampe besak?? Kami jugo kan harus nerusi kuliah di Layo”, kata Fira dengan senyum kecil. Rama tidak tahu maksud senyum itu. Senyum kepuasan atau senyum kekecewaan.
“Maap e Fir, gara-gara aku penelitian kamu jadi cak ini.. ancor..,” ujar Rama menyesal.
“Yo dak papo.. lah telanjor jugo.. Aku bangga bae karno warga sini khususnyo kau sudah ngerti bahwa mangrove tu sangat penting”
Mereka lalu memandangi sungai kembali. Terlihat sekawanan burung berterbangan di langit senja. Kicau burung tersebut menandakan hari mulai tua. Akan datang lagi malam yang sunyi di Sungsai. Hari ini berbeda dengan kemarin, dan kemarinnya lagi. Tidak biasanya langit Sungsang cerah seperti sekarang. Tidak menyirami tanah subur ini dengan air bah nya. Langit Sungsang seakan bahagia karena masyarakatnya telah dapat menghargai alam mereka.
          Cek dan Angga menghampiri mereka, mengajak kembali ke persinggahan sebelum azan Magrib mendahului. Mereka berpengangan tangan sepanjang jalan. Mensyukuri segala yang telah diberikan Sang Maha Kuasa. Berterima kasih kepada Pencipta malam dan siang yang telah memberikan bahagia pada akhir cerita di Sungsang.                             

   J terima kasih J
 n

Tidak ada komentar:

Posting Komentar